PELUANG MENINGKATKAN EFISIENSI DAN EFEKTIFITAS PENGADAAN BARANG/JASA BAGI BUMN/BUMD DAN BLU

  • 2018-05-21 17:44:09
  • Posted by Admin

PENDAHULUAN 
Peraturan Presiden tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah beserta sistem/aplikasi yang dibangun sebagai pelaksanaannya adalah best practice dalam tata kelola pengadaan dalam melaksanakan tugas pemerintahan. Oleh karena itu, pilihan BUMN/BUMD dan BLU untuk mengadopsi keseluruhan ketentuan dalam Peraturan Presiden tersebut tidak sepenuhnya tepat. Hal tersebut mungkin terjadi karena kesulitan untuk mencari rujukan atau referensi best practice yang bisa tepat sesuai dengan kebutuhan bisnisnya. Atau mungkin juga merasa bahwa dengan mengacu pada Peraturan Presiden tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah lebih "meyakinkan" bagi pihak eksternal.
Dalam batang tubuh Peraturan Presiden Nomor 16 tahun 2018: (1) tidak ada satupun kata "BUMN/D" khususnya pada bagian ruang lingkup; dan (2) memberikan pengecualian kepada BLU. Dalam penjelasan yang disampaikan oleh LKPP menjelang ditetapkannya Peraturan Presiden tersebut, disampaikan bahwa: Peraturan Presiden tersebut menekankan bahwa BUMN/BUMD dan BLU (diberi kewenangan)  penuh untuk mengatur tata cara pengadaan sendiri yang lebih sesuai dengan karakteristik lembaga. Fleksibilitas ini dalam rangka untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pengadaan di BUMN/BUMD dan BLU. Namun demikian, hendaknya BUMN/BUMD dan BLU dalam menyusun tata cara pengadaannya tidak terjebak sekadar mengubah batasan pengadaan langsung dan lelang dan secara substansi tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan Peraturan Presiden tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Penjelasan tersebut menegaskan bahwa terdapat 2 (dua) pokok pikiran, yaitu: (1) menegaskan peluang BUMN/D dan BLU untuk merumuskan tata cara pengadaan yang berbeda dengan (atau menambahkan ketentuan yang sudah ada pada) Peraturan Presiden Nomor 16 tahun 2018; dan (2) tata cara yang disusun tidak sekadar menaikkan batasan pengadaan langsung.
Terdapat beberapa pendekatan yang sudah diterima secara Internasional yang bisa dipakai dalam menyusun pedoman pengadaan di lingkungan BUMN/D dan BLU. Pendekatan tersebut adalah Supply Potitioning Model, Contract Continum dan Supplier Perception Model yang perlu dipahami dalam mengusun Pedoman dan melaksanakan Pengadaan Barang/Jasa.

MAKSUD DAN TUJUAN

  1. Untuk Memberikan Pemahaman Secara Menyeluruh Tentang Perpres Nomor 16 tahun 2018 tentang pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.
  2. Sebagai Bahan dalam Menyusun Pedoman Pengadaan bagi BUMN/BUMD dan BLU
  3. Untuk memberikan pemahaman karakteristik Pengadaan Barang/Jasa yang sesuai dengan bisnis Perusahaan.
  4. Untuk memahami dalam pengelolaan Pengadaan Barang/Jasa guna mencapai efektifitas dan efesiensi.
  5. Untuk memahami bentuk-bentuk hubungan/pendekatan kepada suplyer dalam pemenuhan kebutuhan Barang/Jasa.
  6. Untuk Meningkatkan Profesionalitas SDM (Khususnya Bagian Pengadaan) dalam memilih dan menentukan Suplayer dan Mitra dalam Pengadaan Barang/Jasa.
  7. Untuk Mencapai Tujuan dan Efektifitas Serta Efesiensi dalam Pengadaan Barang dan Jasa.


TARGET PESERTA 

  1. Direksi / Pimpinan  / Manager BUMN/BUMD dan BLU
  2. General Manager / Manager Operasional (Cabang)
  3. Manager / Kepala Bagian SDM / HRD Manager
  4. Manager Procurement (Bagian Pengadaan)
  5. Manager Marketing (Sales)
  6. Manager Accounting (Bagian Keuangan)
  7. Bagian Penjualan/Pembelian dan Pemasaran
  8. Satuan Pengendali Internal (SPI) / Auditor Internal
  9. Perguruan Tinggi dan Mahasiswa
  10. Seluruh Bagian Yang Terkait 

PEMBIAYAAN  DAN TATACARA PEMBAYARAN  
Kegiatan ini Pembiayaan di lakukan secara Swadaya Oleh Peserta antara lain :

  1. Biaya Investasi Peserta Tampa Penginapan : Rp. 3.500.000,- (Tiga Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) / Perpeserta
  2. Biaya Investasi dengan Akomodasi Penginapan (Twinshare) : Rp. 4.500.000,- (Empat Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) / Perpeserta ( 1 kamar untuk 2 orang)
  3. Biaya Investasi dengan Kamar Sendiri (Singlebad) : Rp. 5.750.000,- (Lima Juta Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) / Perpeserta.

Pembayaran Biaya Investasi Peserta 2 Cara :

  1. Pembayaran Secara Tunai oleh peserta hanya pada saat Registrasi (Tempat Kegiatan)
  2. Pembayaran Transfer Sebelum Hari Pelaksanaan Melalui Account di bawah ini :

Atas Nama : Lembaga Pusat Studi Kebijakan Nasional
Nomor Rek : 0522.01.000210.30.4
Nama Bank : BRI Kcp. Cempaka Putih Raya

FASILITAS  PESERTA 

  1. Makan Siang Selama Kegiatan, 2 x Cofee Break dan Snack
  2. Buku Perpres Nomor 16 Tahun 2016 Tentang PBJ
  3. Materi Modul dalam Bentuk Flashdisk dan Soft Copy
  4. Tas Ekseklusife dan Alat Tulis
  5. Memfasilitasi Pemesanan Kamar di Luar Paket 
  6. Internet Wifi Gratis
  7. Sarapan Pagi dan Makan Malam (Bagi Peserta Yg Menginap)
  8. Konsultasi Langsung Baik Saat/Setelah  Kegiatan dengan Narasumber
  9. Sertifikat Peserta


PENYELENGGARA DAN NARASUMBER 

  • PENYELENGGARA OLEH :

Lembaga Pusat Studi Kebijakan Nasional (Pusdiknas) 
Berdiri dan Sahkan Keberadaanya dengan Akte Notaris oleh Notaris Sri Instansi, SH dengan nomor: 61  pada 28 Juni 2006 Berdomisili di Jakarta dan telah terdaftar pada Kesbangpol Kementerian dalam Negeri yang telah diperbaharui SKT. NO. 01-00-00/068/D.IV.1/VI/2016 Serta Sebagai Anggota Asosiasi Lembaga Pengembengan SDM Indonesia (Alpeksi) No. KTA. 40. Serta Terdaftar pada Direktorat Jenderal Pajak Kemenkeu RI dengan No. NPWP. 02.506.481.7-045.000.
PUSDIKNAS Adalah Lembaga pengembangan SDM yang telah berpengalaman selama 12 Tahun dalam Mengelolala dan pengembangan SDM, baik melalui Pelatihan, Workshop, Bimtek, Inhouse Training, dll, Baik oleh Perusahaan (Corporate), Rumah Sakit, Perguruan Tinggi serta Instansi Pemerintah (Goverment) Pusat atau Pemerintah Daerah (Pemda)  yang di lakukan di Jakarta maupun di Daerah di seluruh Indonesia.

  • NARASUMBER  OLEH :

AGUS KUNCORO (GUSKUN) 
Awal meniti karir di bidang pengelolaan keuangan Negara sejak awal tahun 2000-an. Pernah menduduki berbagai posisi pada Satuan Kerja, yaitu sebagai Bendahara, Pejabat Penandatangan SPM, PPA maupun KPA. Telah menuangkan teori dan pengalaman yang diperolehnya menjadi  2 (dua) buah buku yaitu : CARA BENAR, MUDAH DAN JITU MENANG TENDER PENGADAAN (Wahyumedia, 2011) dan BEGINI TENDER YANG BENAR (Primaprint, 2013). 
Selain itu, juga telah beberapa kali menulis di berbagai majalah dan personal web http://guskun.com (sudah tidak tayang lagi). Mengikuti berbagai pelatihan yang diselenggarakan LKPP, diantaranya Program Indonesia Streghtening Program on Publik Procurement (ISP3) dan memperoleh sertifikasi Supply Chain Management dari International Training Centre (ITC).
Setelah mengakhiri karirnya sebagai ASN, Agus Kuncoro menjadi tenaga ahli tidak tetap pada beberapa BUMN baik dalam penyusunan pedoman/standar operating procedure maupun pendampingan dalam  tender maupun kerja sama BUMN.

MATERI

  1. Gambaran Umum Perpres 16/2018 yang meliputi Latar Belakang, Pokok-Pokok Perubahan dan Sistematika.
  2. Perubahan Pengaturan dan Hal-hal Baru.
  3. Pengadaan di LIngkungan BUMN/D dan BLU yang meliputi tinjauan Keuangan Negara, Dasar Aturan bagi BUMN/D dan BLU dan Kewenangan Pengaturan.
  4. Mengenal Pendekatan Dalam Pengadaan yang meliputi Supply Potitioning Model,Contract Continum, Supplier Perception Model dan  Penerapan Pendekatan – Pendekatan Sesuai Karakteristik Usaha.
  5. Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa di BUMN/D dan BLU yang meliputi Definisi Pengadaan, Definisi Barang/Jasa, Definisi Para Pihak, Cara Pengadaan dan Tahapan Pengadaan Barang/Jasa.
  6. Perencanaan dan Persiapan Pengadaan yang meliputiPerencanaan Pengadaan, Perumusan Spesifikasi, Perhitungan HPS dan Penyusunan Rancangan Kontrak.
  7. Pemilihan Penyedia yang meliputi Berbagai Metode Pemilihan Penyedia, Penyusunan Dokumen Pemilihan dan Melaksanakan Pemilihan.
  8. Pelaksanaan Kontrak yang meliputi  Persiapan Pelaksanaan Pekerjaan, Pemantauan Kemajuan Pekerjaan dan Penanganan Keterlambatan, Perubahan Kontrak, Penyelesaian Pekerjaan, Pengujian dan Serah Terima serta Pengakhiran Kontrak.

INFORMASI DAN PERMINTAAN UNDANGAN

Informasi lebih lanjut dan permintaan undangan kegiatan ini dapat diminta kepada Agus Kuncoro, SMS/WA only : 081212137320, email : email@aguskuncoro.id